Selamat Datang Olivia, Punya Hal Baru Apa? (Linux Mint 15 Release)

Linux Mint 15 merupakan release paling ambisius sejak dari awalnya. MATE 1.6 dikembangkan secara luar biasa dan  Cinnamon 1.8 memberi sangat banyak fitur baru, termasuk screensaver dan control center yang disatukan (unified). Login screen sekarang dapat dibuat temanya di HTML5 dan dua tools baru, "Software Sources" dan "Driver Manager", muncul untuk kali pertama di Linux Mint.


Linux Mint 15 "Olivia" Cinnamon Edition

MDM

MDM sekarang menampilkan 3 greeter [sapaan] (maksudnya aplikasi login screen):
  • sebuah GTK greeter
  • sebuah GDM greeter, yang memiliki ratusan theme
  • Sebuah 'trend baru' HTML greeter, juga themeable (dapat digunakan untuk mengubah theme) yang mendukung sebuah generasi baru theme, theme animasi dan interaktif

Login screen interaktif dan animatif, dengan HTML5
HTML greeter mendukung hampir semua teknologi Web seperti HTML5, CSS, Javascript, WebGL dan dapat digunakan untuk membuat login screen animatif dan interaktif yang indah.
Linux Mint 15 menawarkan koleksi theme GDM dan HTML animatif untuk MDM, termasuk WebGL theme yang dinamakan "Clouds GL" yang mensimulasi (bentuk) melayang-layang 3D melintasi awan-awan
Tampilan GTK greeter dikembangkan, dan GDM greeter sekarang dapat (digunakan) untuk menggambar bingkai (frame) di sekitar text saat theme membutuhkannya.(ini memperkaya kualitas beberapa GDM themes secara signifikan).
MDM mengalami banyak kemajuan "under the hood" (secara internal) dan perbaikan-perbaikan bug dalam 6 bulan terakhir.
MDM configuration tool, mdmsetup, tampak lebih baik dan lebih intuitif daripada sebelumnya.

SOFTWARE SOURCES

Sebuah tool baru dinamakan MintSources, aka "Software Sources", dikembangkan dari 'goresan' dengan distribusi derivatif dalam angan (terutama Linux Mint, juga LMDE, Netrunner dan Snow Linux). Ini menggantikan software-properties-gtk dan diadaptasi dengan sempurna untuk mengatur software sources di Linux Mint.
Dari main screen kita dapat membuat optional components (menjadi) enable atau disabledengan mudah dan mengakses backports, unstable packages dan source code:

Software Sources tool baru
Kita juga dapat berpindah ke mirror yang lebih cepat hanya dengan satu klik mouse. Tool melakukan speed test atas seluruh mirror yang ada:

Speed test cepat untuk memilih mirror yang tercepat.
MintSources juga memiliki fitur untuk PPA, 3rd party repositories dan authentication keys management.
Sebuah "Maintenance" section untuk solusi bagi problem umum APT.

DRIVER MANAGER

Tool lain yang dikembangkan pada Linux Mint 15: MintDrivers, "Driver Manager".

Driver Manager
MintDrivers berpijak pada Ubuntu backend yang sama dan bekerja dengan cara yang sama sebagaimana software-properties-gtk. Ia bahkan tampak sedeikit lebih baik:
  • "Driver Manager" merupakan sebuah aplikasi independen, terpisah dari "Software Sources" dan dapat dibuka (launch) langsung dari menu.
  • Drivers diurutkan berdasar package name, dan versinya disebutkan dengan jelas (khusus untuk driver nVidia kita dapat memilih sesuai dengan versinya bukannya mengikuti apa yang "baru (current)" atau "updates").
  • Devices dari merk populer (nVidia, ATI, Broadcom, Samsung...) diilustrasikan dengan ikon.

CINNAMON 1.8

Cinnamon 1.8 merepresentasikan 7 bulan pengembangan dan 1.075 tindakan (penelitian). Ini bukan saja memperlihatkan banyak perbaikan bug namun juga 'model' fitur baru dan banyak kemajuan.

File Manager

Nemo mendapatkan banyak perhatian. User interfacenya dimodifikasi dan langkahnya diadaptasi untuk berintegrasi dengan Cinnamon dengan cara yang lebih baik.

Nemo, Cinnamon file manager
Kita dapat dengan mudah menyembunyikan sidebar dan bolak balik antar tempat dan tampilan (treeview). Di bagian bawah tiap tempat, jika aplicable, bar kecil menunjukkan berapa banyak space yang digunakan.

Desklets

KDE menyebutnya Plasmoids, Android menyebutnyaWidgets, di Cinnamon disebut “Desklets”. (Dengan) cara yang sama yang kita gunakan untuk menambah applets ke panel, kita dapat menambahkan deslets ke dekstop.


Beberapa desklet Cinnamon 
Cinnamon 1.8 memuat 3 desklets yang dinstall secara default ( launcher,  clock dan photoframe) dan lebih banyak lagi yang akan hadir dari komunitas (ya, sebelum orang bertanya, ada xkcd desklet di luar sana).

Screensaver

Cinnamon sekarang menampilkan screensaver nya sendiri. Salah satunya adalah bahwa kita dapat menuliskan sebuah pesan sebelum mengunci screen.

Kita dapat meng-set pesan sebelum mengunci screen.
Orang yang melihat (screen) dapat melihat pesan tersebut ketidak kita tidak ada (di depan komputer).

Cinnamon screensaver

Control Center

Semua configuration modules sekrang ada di Cinnamon Settings. Kita tidak perlu lagi menggunakan Gnome Control Center.

System settings di Cinnamon

Spices Management

Di Cinnamon 1.8 kita dapat menginstall “spices” (yaitu applets, desklets, themes, extensions) langsung dari desktop. Kita tidak lagi perlu melakukan browsing darihttp://cinnamon.linuxmint.com.

Download applets baru dari komunitas sekarang jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya
Kita juga dapat mengaplikasikan updates dan jika (aplikasi) Spice mendukung kita dapat menggunakan beragam cara instan untuk melakukannya.

System improvements

Renderer detection
Muffin sekarang melakukan pengecekan di mana renderer digunakan. Jika ini menggunakan Software Renderer (kasus ketika ada masalah dengan driver atau ketika card tidak menunjukkan akselerasi apapun) sebuah peringatan (notifikasi) muncul agar pengguna mengetahui masalahnya.
Fallback mode
Cinnamon tidak lagi menggunakan gnome-session untuk fallback (kembali pada kondisi sebelumnya). Dalam beberapa kasus gnome-session tidak membolehkan Cinnamon untuk berjalan meskipun melalui hardware yang mampu untuk menjalankan Cinnamon. Keterbatasan gnome-session lainnya adalah ketidakmampuannya untuk restart Cinnamon setelah terjadicrash. Di Cinnamon 1.8, Cinnamon selalu menggunakan Cinnamon, jadi komputer akan mencoba menjalankan Cinnamon apapun yang terjadi.
Cinnamon juga menggunakan sebuah 'lapisan' (wrapper) untuk melakukan restart dengan sendirinya dan memperbaiki diri dari potensi crash. Ketika Cinnamon mengalami crashes maka akan langsung kembali pada kondisi (normal) sebelumnya (fall back) di Metacity dan bertanya kepada users apakah ia ingin melakukrestart atau tidak.

New features for developers

Settings API for Applets/Desklets
Jika kita seorang Applet/Desklet developer, jangan gunakan gsettings lagi. Cinnamon 1.8 memiliki fitur API setting yang akan melakukan seluruh pekerjaan untuk kita.
  • Ia akan men-set up setting dan default value secara otomatis.
  • Ia akan mengijinkan kita untuk mengakses setting semudah mengakses value dalam sebuah array.
  • Ia akan membuat sebuah configuration screen secara otomatis.
Dengan kata lain, kita cukup menentukan setting dan menggunakannya di applet/desklet, dan Cinnamon akan mengerjakan yang lainnya. Sebuah configuration screen secara otomatis dibuat untuk kita dan user dapat mengkonfigurasi setting yang kita buat dari System Settings :)
Nemo actions
Dengan menempatkan sebuah file aktif di /usr/share/nemo/actions kita dapat menambah item ke menu konteks dengan klik kanan Nemo.
Standalone Looking Glass
Jika kita banyak menggunakan Looking Glass, kita mungkin ingin versi mandirinya (standalone version) ...sekarang hal itu bisa.
Untuk membukanya, jalankan perintah berikut: “cinnamon-looking-glass”.

Other new features:

  • Hot-corner configuration yang lebih baik
  • Coverflow Alt-Tab
  • Timeline Alt-Tab
  • Horizontal/Vertical maximizing of windows (maksimalisasi windows baik Horizontal maupun Vertikal)

MATE 1.6

MATE 1.6 merepresentasikan 8 bulan pengembangan dan 1.800 tindakan (penelitian).

Infrastructure changes

MATE 1.6 merupakan satu langkah besar untuk maju bagi proyek MATE sebagaimana banyak banyak deprecated packages danlibraries digantikan dengan teknologi baru yang terdapat dalam GLib.
Meskipun perubahan ini tidak tampak di desktop, namun membuat proyek MATE memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya dan jauh lebih mudah untuk dikelola dan dikembangkan.
Teknologi MATE berikut ini dihilangkan:
  • mateconf digantidengan gsettings
  • matecorba dan matecomponent digantidengan dbus
  • matevfs diganti dengan gio/gvfs
  • libmatenotify diganti dengan libnotify
  • libmate, libmateui, libmatecanvas, libmatecomponentui dan mate-mime-data dihentikan
Di Linux Mint, mintDesktop dan mintMenu dimigrasikan secara utuh di MATE 1.6.

mintDesktop dan mintMenu mengalami banyak perubahan dan sekarang compatible dengan MATE 1.6.

New features and improvements

Caja, MATE file manager, memiliki fitur tampilan folder (place) dalam sidebar. Juga menampilan thumbnail yang lebih baik dari Nemo dan dialog "Connect Server" baru dari Nautilus.

Caja, MATE file manager
Dengan menggunakan window list, windows sekarang dapat ditutup dengan klik tengah di mouse.
The workspace switcher (perpindahan workspace) menampilkan sebuah opsi baru untuk melintas workspace dengan roda mouse (mouse wheel).
Notifikasi lebih cerdas dan sekarang memungkinkan untuk menetapkan monitor mana yang digunakan untuk menampilkannya. 

Notifikasi dapat diatur pada monitor tertentu
Opsi baru manajemen windows yang tersedia:
  • Buka windows baru di tengah screen
  • Enable compositing (memungkinkan untuk melakukan penggabungan)
  • Fast alt-tab (alt-tab yang bekerja cepat)
Kalculator diberi tombol-tombol baru untuk mendukung fungsi trigonometri.
Default terminal application sekarang dapat diset.
MATE 1.6 menambah support untuk MPRIS2 guna mengirimkan tombol media (media keys) ke media players.
Saat mengalami crash, mate-settings-daemon sekarang mampu memperbaiki diri dan secara otomatis dilakukan restart oleh mate-session.

SOFTWARE MANAGER

Software Manager memiliki beberapa fitur baru dan perbaikan bug.
  • Pagination sekarang diotomatiskan. Software Manager menghasilkan lebih banyak hasil ketika kita mencari di bagian bawah list.
  • Large scores (nilai besar) diperbaiki dan tidak ada lagi cut-off ('ngadat').
  • Memungkinkan untuk melakukan pencarian dengan kategori tertentu.
  • Packages dari "Java" sekarang muncul di kategori "Programming" .

SYSTEM IMPROVEMENTS

Update Manager sekarang dapat me-refresh APT cache di user mode dan tanpa intervensi apapun dari user.
Welcome Screen mengalami banyak perbaikan bug dan tampilannya agar diperbaharui.

Welcome Screen
MintNanny dikembalikan pada GTK+.
Totem 3.4 dipilih sebagai the default video player bagi Linux Mint 15 untuk memberi fungsi DVD playback.

ARTWORK IMPROVEMENTS

Linux Mint memiliki koleksi foto background indah dari 12 artis yang berbeda.

Koleksi background yang indah
Perhatian khusus diberikan untuk aplikasi Mint-X to make GTK+ and GTK3 (sehingga) tampak lebih mirip.
Plymouth theme di-update dan sekarang menampilakn logo Linux Mint logo fade-in effect.

UPSTREAM COMPONENTS

Linux Mint 15 menggunakan upstream components berikut: Ubuntu 13.04 package base, Linux 3.8 kernel, MDM 1.2, Cinnamon 1.8, MATE 1.6.

Terjemah Bebas dari New Features in Linux Mint 15
Previous
Next Post »